CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday, November 7, 2008

Veronica Guerin

Nama : Ulfah Nurfauziah
Nim    : 915070202
Tugas Dasar - dasar Jurnalistik

Film Veronica Guerin

Menurut pandapat saya dari film Veronica Guerin yang menceritakan tentang seorang jurnalis yang  menulis di sebuah surat kabar yaitu Sunday Independent, yang mencari berita tentang anak – anak yang memakai obat – obatan terlarang atau jarum suntik, dan perdagangan, serta mencari berita siapa pengedar atau Bandar dari obat – obatan terlarang tersebut atau Dublin 's narkoba perdagangan. Veronica menurut saya seorang perempuan atau seorang jurnalis perempuan yang tidak mudah putus asa dia sangatlah pantang menyerah, dan sangat pemberani. Karena ketika dia sulit mencari sumber tentang Bandar narkoba atau bisnis narkoba tersebut ia terus berusaha untuk membongkar kasus tersebut. 
Walaupun sebenarnya itu membuat hidupnya mengalami ancaman – ancaman yang sangat menakutkan, film ini menceritakan betapa sulitnya seorang jurnalis untuk menampilkan berita di surat kabar karena berita yang mengancam hidupnya, film ini membuat bimbang antara ke dua pilihan yaitu bila ia meneruskan untuk mencari berita atau mencari kasus sebuah berita itu dapat mengancam hidupnya dan keluarganya, tetapi kalau dia berhenti mencari berita maka tidak ada berita yang spektakuler dalam surat kabar yang ia tulis.
Jadi memang sebuah kasus berita tersebut sangat mempengaruhi para pembaca, apakah berita tersebut layak untuk menjadi berita utama atau apakah berita tersebut menarik untuk dibaca oleh para pembacanya. Hal tersebut ada  pada film Veronica Guerin tersebut, karena veronica ingin menulis tentang Bandar pengedar narkoba atau bisnis narkoba yang terjadi di Negara irlandia dan perdagangan yang sangat jahat dan membahayakan, walaupun membahayakan ia tetap nekat untuk mencari berita tersebut karena ia tau bahwa berita tersebut layak untuk dijadikan berita utama dan berita menarik dalam surat kabar Sunday Independent. 

Veronica sangat mencintai karirnya sebagai jurnalis padahal menjadi seorang jurnalis sangatlah tidak mudah karena seorang jurnalis harus mempersiapkan diri untuk di benci oleh orang – orang yang merasa terganggu dimintai keterangan atas sebuah kasus. Tetapi veronica berusaha untuk tegar menghadapi cobaan – cobaan tersebut setelah ia mendapatkan beberapa kekerasan yaitu, pertama rumahnya telah di bom oleh orang yang benci karena berita veronica, yang kedua pemukulan secara kasar yang dilakukan oleh john gilligan ( Bandar ) yang membuat veronica jatuh sakit baik fisik maupun batin.
Saya salut dengan film ini, karena film ini adalah film yang sangat bagus dan menarik yang diambil dari kisah nyata. Tetapi ada hal yang saya tidak suka atas sikap Veronica Guerin atau film tersebut yaitu untuk mendapatkan berita yang menarik dan utama untuk para pembaca sehingga harus mengorbankan dirinya atau nyawanya sendiri, karena menurut saya itu sangat berbahaya ia terlalu memaksakan kehendak untuk membongkar kasus tersebut karena sesungguhnya didalam jurnalistik juga terdapat etika – etika jurnalis yang tidak boleh terlalu memaksan kehendak orang lain.


Adegan yang menarik pada film ini menurut saya adalah saat Guerin sedang menyetir mobilnya di sebuah perempatan, salah satu dari dua orang yang menguntitnya dari belakang dengan motor tersebut menembak Veronica Guerin sebanyak 6 kali dan tubuh Guerin robek, terkoyak, dan berdarah Guerin akhirnya tewas dalam usia 37 tahun.Kematian Guerin membuat gempar. kematian tragis di dalam mobil. Suasana tiba-tiba lengang, sendiri, dengan mayat Guerin tergeletak penuh darah. Sementara, para pengemudi lain di samping mobil Guerin diam seribu bahasa. Mungkin, tak percaya yang menyaksikannya Veronica Guerin tewas.

3 comments:

Anonymous said...

sumpah ya...g baru liat itu film!!dari temen g,,bener2 seru banget...jujur film nya keren abis..tentang jurnalis banget ya!!kebetulan g mau jadi jurnalis jg..tapi rada takut juga ya...hehehe
*novie*

Anonymous said...

yakin lu itu cerita nyata???
hub. ke ym gue ya..nutH_punk@yahoo.com
secepatnya...cz penasaran!!!

pidri.mulu said...

uda nntn ni film seru tegang n sedih... hiks..hiks.. u,_u... tapi paul, eh ulfa untuk memperjuangan kebahagiaan sesorang memang dibutuhkan pengorbanan,, so uda siapkah kamu untuk ngorbanin sesuatu untuk kebahagian sesorang yg kmu syg..???

the choice is yours.....



pidri.mulu
tangerang